Senin, 27 Agustus 2012

SURAT SAHABAT




Teman adalah kumpulan dari semua hal yang datang menhampiri,baik itu seseorang,kesunyian dan kebahagiaan.Dan sahabat adalah seseorang yang selalu ada dikala kau sedang meneteskan airmata bahagia dan air mata kesedihan……
Bukan hanya sebuah ungkapan tapi sebuah tulisan yang selalu akan membekas ddalam memory hati,jikalau seorang teman menyakiti perasaan paling-paling lukanya tidak sampai esok pagi,tapi bagaimana dengan sahabat?berabad-abad lamanya goresan luka itu akan membekas.Sebenarnya hanya masalah HATI ya masalah yang sangat serius yang tidak pernah ada obatnya.
Jejak-jejak persahabatn itulah yang saat ini akan kutulis untuk menghargai dan mengucapkan terimakasih banyak kepada sahabta-sahabat ku yang saat ini berada dalam perjalanan menuju kesuksesan dan jikalau saat ini kau berada dalam kesedihan aku harap Allah swt memberikan jalan keluar dari kesedihan mu dan memberikan kebahagiaan untuk mu amien….
Sahabat ku…..
Tak sengaja kubuka album biru,setelah tujuh tahun kusimpan dan aku mulai tersenyum melihat tingkah kita yang sangat polos masa itu.Sahabatku aku juga buka sebuah kotak merah yang telah penuh debu,kutemukan surat-surat yang pernah kau kirimkan disaat aku akan pergi meninggalkan pondok kita tercinta,
Sahabat ku..
Aku masih menyimpan surat itu,dan saat ini debu telah menyelimutinya,aku hamper tak tega melihat tulisan-tulisan lugu yang penuh makna itu,untuk itu aku ingin menuliskannya lagi,dan menyimpannya didalam diary hatiku yang sederhana ini.
Sahabatku…..
Aku sungguh sangat terharu membaca surat demi surat yang kau tulis,aku juga ingin mengingatkanmu lagi dengan kisah kita dimasa itu,,……



Surat yang pertama dari sahabatku :
1.       Ade Febrisa
Sebelumnya apa kabar dek??sudah lama sekali kita tidak bertemu bahkan semenjak hari perpisahan itu sampai sekarang kita tidak pernah bertemu lagi,semoga suatu saat nanti Allah mempertemukan kita lagi,semoga Allah selalu menjagamu sahabatku…….,
dek….aku ingin tuliskan lagi surat mu waktu itu,semoga kau ingat ya….
Buat temanku yang akan pergi meninggalkan ku,
Ce,dengan tetesan air mata aku menuliskan tinta yang berwarna hitam ini tanda kesedihan.Perpisahan yang tidak terduga ini.Aku tidak menyangka bahwa kita akan berpisah tetapi dihati ini kita tetap satu maafkan aku ya ce,kita tidak akan bisa berkumpul lagi,canda,tawa,dan makan bersama.Aku baru sekarang sadar atas perbuatan salah ku selama ini terhadap kamu.Ce jangan lupa ya datang ke adlaniyah dan jangan lupakan semua kenang-kenangan kita di adlaniyah,aku akan mengingatmu selalu dan aku harap kamu juga demikian.Ce rajin minum obat ya dan jangan banyak fikiran tapi perbanyaklah belajar dan beribadah,sabar ya ce……Semoga kamu selalu pertahankan prestasimum dan jangan lupa sama aku disini baik-baik ya jangan melawan sama orangtua,oya ingat nggak kenangan kita sewaktu bersama ustad huda?tapi sayangnya kita bertiga sudah terpisahkan….dan akulah yang kalian tinggalkan dipondok yang damai ini.salam perjuangan semoga kesuksesan selalu mengiringi langkah kita…..,dan suatu saat semoga kita bisa kumpul lagi,
Aku menyangimu sahabatku…………,,
2.       Septia Hidayati
Hai sep apa kabar?sudah lama sekali kita tidak berdiskusi tentang hadis-hadis yang kita hafal,aku sangat kagum padamu sep bahkan aku iri,setiap kali ustad ngasih hafalan kamu selalu saja yang pertama kali hafal…..,hahahahahaha aku sangat susah sekali menghafalnya.semoga kau selalu dalam lindunganNYA ya sep….,sep ingat nggak sama surat ini?tujuh tahun lalu isep kasih sama aku?isinya sungguh membuatku terharu sep,dan sebelumnya aku minta maaf telah meninggalkanmu….
Kak ice,langsung aja ya kak……
 saya tidak tahu apa yang akan saya bilang sama kakak selain saya minta maaf mungkin kesalahan saya sudah menggunung dihati kakak.Jadi saya minta maaf sebesar-besarnya saya harap kakak mau memaafkan saya,dan saya harap kakak tidak melupakan teman-teman di pondok baik dalam keadaan suka maupun duka.Dan saya tidak menyangka kakak akan pindah secepat ini kak.Apa kakak tidak tahu sebentar lagi kan jadwal kakak untuk bulis,kenapa kakak lari dari tanggung jawab??Kakak.saya sangat akan kehilangan,hati-hati dijalan ya kak ingat pesan ustadzah dan ustad anggap kakak masih hidup dipondok kita yang damai ini.Ingat kak patuhi tata tertib pergaulan jangan terlalu bebas diluar sana,diluar sana sangat buas sangat tidak berakhlak dibanding di pondok kita.Dan satu lagi kak jangan pernah lepaskan jilbab kita yang lebar itu.Kak ingat nggak sewaktu kita di hulu bondar?aku mengajari kakak berenang,dan kakak ingat nggak sewaktu kita menyeberangi jembatan gantung?rombongan si abror selalu mengganggu kita?dan kakak seharusnya ingat kalau seminggu lagi tim kita akan di berangkatkan dalam perlombaan LT?kenapa kakak pergi begitu saja??maafkan ku kakak ku,selamat jalan……
3.       Laila Safa’atul Mukminah
Assalamualikum mbak lila…..,apakabarnya?sudah lama sekali kita tidak bertemu padahal dekat ya jarak simpang tiga dan padang tujuh,maaf ya mbak aku belum sempat mengunjungi mbak lila,mbak aku ingin ingatkan lagi mbak lila dengan surat yang tujuh tahun lalu mbak kasih….sebelumnya aku ucapin terima kasih banyak ya mbak….
TO: Ice
Langsung saja,
Ice semoga cepat sembuh ya dari sakitnya kami hanya bisa berdo’a buat kamu dan ingat jangan lepas jilbabnya ya,walaupun berada dimana.Masa-masa indah yang telah kita lewati bersama dan setahun lebih telah kita jalani bersama sedihmu adalah sedihku juga ce,jangan lupakan kami disini ya sesekali datanglah ke simpang tiga kerumah mbak sama okta.Jangan lupain kita ya,kami semua menyangimu engkau teman yang baik bagiku.Ingatkah ketika pertama kali kita curhat,tamasya,ce jangan lupakan semua yang telah kita pelajari disini ya,dan kelak jika kita bertemu mbak mau kita berbahasa arab,ingat jangan makan berdiri ya,amalkanlah hadist-hadist yang kita pelajari dan banyaklah membaca alqur’an.Ce,masa indah kita jangan lupakan ya,dan jangan lupakan aku walaupun aku bukan sahabatmu tapi aku sangat menyangimu melebihi sahabatku sendiri.Ce ingat ya sama adek mu Difa yang selalu menyangimu.kami semua merindukanmu dan tolong jangan dibuang seuma surat yang kami kasih jadikanlah sebuah enang-kenangan untuk mu,dan aku berdo’a semoga kamu bisa melawan penyakitmu dan rajin-rajinlah belajar disini kamu memang banyak saingan tapi akhirnya dapat kamu kalahkan mereka,dan diluar sana aku juga yakin kau pasti bisa dan beradaptasilah dengan baik disana dan jangan biarkan prestasi-prestasi yang telah kamu raih direbut oleh orang lain.Kami semua sangat menyangimu……,
From : Laila Safa’atul M.
4.       Rizky Yunisra
Hai ky,pakabar?sudah lama sekali kita tidak pernah bertemu,aku rindu diskusi sama kamu,banyak hal yang ingin kutanyakan padamu,dan terutama permintaan maaf karena kita selalu berselisih faham,smoga Allah selalu menjaga mu …Ky,saat ku baca surat mu aku menangis ky,rasanya sangat sedih sekali berpisah denganmu….,aku ingin ingatkan lagi kamu tentang surat itu…..,
Kepada yang kusayang,Yani sestria
Di tempat.

            Assalamualikum,salam perpisahan
            Langsung saja!
Ce…semoga kamu cepat sembuh,ce tolong maafkan aku mungkin diantara kita semua aku yang punya banyak salah sama kamuce aku sa……………ngat sedih kehilanganmu sebab aku terbayang akan kesalahan-kesalahanku padamu juga Abror……,aku sangat terkejut akan perginya dikau kamu tak mudah dilupakan dan tak ingin kulupakan…….,
Ce hari demi hari setelah hari ini kami pasti sangat merindukanmu juga ingin bertemu dengan kami masih banyak perlu kamu apalagi LT engkau juga harapan ,mungkin diantara kita berpisah dengan niat untuk berobat bukan karena berpisah punya masalah.Ce pabila kamu pergi untuk meninggalkan kami aku mohon jangan lupakan kami anggaplah kami semua sebagai sahabatmu.Ce aku ingin berpesan:
1.        Niatkan perpisahan ini untuk berobat
2.       Setelah keluar jangan memakai jilbab yang kecil apalagi untuk melepaskannya
3.       Maafkanlah kami semua ingatlah kebaikan kami jangan keburukan kami yang diingat
4.       Jangan berhenti mencintai M Abror,kalian pasangan yang serasi
5.       Janganlah lupa adab pesantren
6.       Sering datang keponpes adlaniyah ini
7.        Seringlah kirimi kami surat
Ce mudah-mudahan kamu lebih sehat dan segar dan patuhilah ibu dan bapakmu dan apapun yang terjadi atau masalah dan musibah ingatlah sewaktu kamu menyelesaikannya di adlaniyah,kamu adalah perempuan yang sabar,dan pandai dalam menghadapinya!.Ce mungkin nanti jika ada perlombaan kamu yang akan diutus dan kita akan bertanding.Jangan lupakan kami ya.salam perpisahan…,jangan dirobek ya surat ini ce.
5.       Elvira Roza
Hai Vera,masih sering cemberutkah?jangan lagi ya,kan kita dah sering ketemu sekarang,kamu memang orang yang luar biasa aku kagum pada langkah hidup yang kau pilih,tetap semangat ya Ve,Ve ingat nggak sama surat ini:
      To : yani Sestria
      From : Elvira Roza
     Ce maafin vera ya yang tak sempat ngasih biodata sama ice abiz vera ga suka ice minta biodata sama teman-teman ternyata karena mau pindah sekolah.Ce vera mau bilang sama ice penyakit yang vera derita selama ini mungkin sama dengan ice tapi vera nggak mau bilang sama orangtua.Vera mohon do’a sama ice semoga kita cepat sembuh.Jangan pernah malas minum obat dari dokter ce,vera juga sering minum obat bahkan tiap hari tapi vera yakin pasti akan sembuh!Dan saya mohon jangan pernah lupakan semua kenangan kita di kamar 3.Ce ingat nggak sewaktu mati lampu dan rahmi ngasih taplak kaki yang dia sangka itu serbet dan mengelapkannya ke mulut  ice dan eka dan kita baru sadar sewaktu lampu telah hidup hahahahahahahahahaha.ce jangan lupakan kakak kita kak jum’ah,kak asma dan kak linda,dan vera mohon jangan buang surat ini ataupun merobeknya walau tulisan ini jelek.Ce jangan pernah pake jilbab yang kecil bahkan membukanya.Ingat ce jangan lupakan kami!.Ce awak ndak bisa pulang basamo-samo lai vera masih ingat sewaktu kita pulang bareng sama abror dan kak rita,maafkan tingkahku waktu itu membuat kesempatan abror hilang untuk nyatakan cintanya padamu,karena aku tidak mau sahabatku yang baik sepertimu disakiti nantinya oleh abror.Ce icekan yang nulis di kotak saran agar vera sama Ira baikan?Vera sangatberterimakasih atas semua itu tidak ada sahabat ;lain sebaik kamu.Ce besok ulang tahunku saya harap kamu ucapkan saja untukku HAPPY BIRTH DAY VERA……makasi yace………,


6.        Kak Adriani
Semoga Allah memberikan surga kepada kak adri,dan semoga semua amal yang kakak perbuat selama ini diterima disisiNYA amin…,ice sanagat minta maaf kak tidak bisa mengantarkan kakak ke pemakaman,sewaktu itu ice lagi dirawat dirumah sakit…….sekali lagi maafkan ice!
Kepada adik dan teman kami yang kami sayangi,Yani sestria
Assalamualikum,halo ice maafkan kami yace,janganlah kamu melupakan kami yang tinggal ini ya pesan kakak padamu: Kalau kamu sekolah diluar janganlah kamu membuka jilbabmu karena menutup aurat bagi perempuan itu wajib ce.Dan tolong jangan sobek kertas ini yace ataupun dibuang
From : Adriani
7.       Difaul Hafiya
Gimana kabarnya adek kakak yang cantik?janjian ketemuan nggak jadi-jadi juga insyaAllah dalam waktu dekat kakak akan cari dimana difa berada….,padahal dekatpun dari UNAND ama IAIN tapi allah belum izinkan pertemuan itu dek….sabar yach…

To: my sister yani sestria,di tempat yang paling bahagia
Langsung aja ya kak!
Apa kabar kakak ku yang cantik?mudah-mudahan dalam keadaan sehat ya amin.Begitu juga dengan Difa disini Alhamdulillah dalam keadaan sehat wal’afiat.
Kak sekarang kita sudah lama ya nggak surat menyurat,atau mungkin kakak sibuk karena lagi jadi rebutan diluar sana?,kakak Difa mau kasi tahu semenjak kakak pergi bang Abror sering murung di Musholla,ditempat dimana kita sering memperhatikannya.Dia bahkan tidak mau lagi ikut banyak kegiatan dia sering baca alqur’an di musholla,Difa sedih juga sih kak ngeliat abng tu dan terakhir difa tahu kabarnnya bang abror juga pindah kak dari pondok.Sungguh tragis sekali kisah kalian kak,gara-gara orang yang jahat itu kakak berdua difitnah dan dihukum padahal difa tahu kalau orang kakak tidak ada berpacaran hanya saling memendam rasa,biarlah ya kak semoga nanti Allah menyatukan cinta kalian berdua.Kak difa juga nggak sempat nitip surat buat kakak,Difa kirimkan do’a buat kakak melalui surat ini semoga kakak selalu dalam lindungan rahmat Allah dan selalu mendapatkan petunjuk amin.
Bagaimana dengan hasil ujiannya kak?Difa denger dari ustad kakak dapat eringkat 1 ya?kakak memang luar biasa.kak Difa dapat juara dua kak,yach walaupun gitu Difa bersukur karena disini banyak sekali saingan kak mungkin kakak tahu hal itu.Kak jilbabnya jangan dicopot ya,solnya dengan jilbab itulah kehormatan seorang wanita semakin tinggi.Kakak dalam belajar harus semangat ya,harus teliti,jangan tergesa-gesa.Kak udah dulu ya suratnya Difa punya pantun nich buat kakak:
Kalau kakak jalan-jalan
Jangan lupa membeli buah
Walaupun kakak sudah berjalan
Kenanglah juga Adlaniyah,
Harap dibalas ya kak!
Dari adek kakak yang selalu berdo’a untuk kakak

8.       Kak Neni Vitria
Assalamualikum kak,gimana kabar kakak sekarang?sudah lama sekali ice tak jumpa dengan kakak rindu sekali rasanya……..kak kakak masih ingat nggak sama surat ini?

To : My sister yani sestria
Assalamualikum,

Langsung saja yach…!
Ice apa kabar?mudah-mudahan baik dan sehat selalu ya,begitu juga dengan kakak disini.Say…gimana sekolah barunya?pasti asykkan?kakak do’akan supaya kamu betah dan mendapatkan banyak teman.namun kalau boleh jujur kakak lebih suka kamu bersekolah disini,seperti dulu saling curhat,dan canda tawamu sangat kakak rindukan.Tapi walaupun kita berjauhan dan jarang bertemu ice maukan tetap menganggap kakak sebagai kakak ice?dan juga mau curhat sama kakak walaupun hanya lewat surat.dan yang penting walaupun jauh dimata tapi dekat dihati.
Kakak sedih sekali kamu pindah,tapi apa boleh buat bukan kehendakmu sendiri kan?kakak pengen jujur sama ice sebenarnya kakak kurang ikhlas melepaskan ice kakak sangat sayang sama ice,kakak butuh kasih sayang dari seorang adik yang penyabar kalau dijahilin temannya,bersikap bijak saat difitnah oleh teman-temannya,dan tenang kalaupun dicaci dan dimaki oleh orang lain.Kamu benar-benar kuat sayang…..
Kakak minta foto kita yang waktu drum band kesimpang empat itu ya,ce kakak rindu saat-saat kita bercanda dulu,makan bersama dan saling curhat.
Juga mandi bareng kesungai kakak masih ingat saat kakak marahi si abror karena selalu mengikuti kita hahahahahahahaha,ice tidak lupakan dengan anak itu?kasihan sekali kalian baru akan merajut sudah di fitnah,sudahlah jadikan saja itu sebuah pelajaran.Tapi kakak salut sekali dengan perjuangan kalian sungguh seperti cerita di film-film hahahahahaha,kakak juga masih ingat gimana ice nangis saat abror akan dicukur,dan abror juga rela mengerjakan jatah hukuman ice untuk membersihkan kawasan pesantren.Sebenarnya ustad didin tahu kalian tidak bersalah tapi dia kalah suara sayang……,yach semoga saja dengan kejadian itu kalian bisa lebih dewasa.Dan kakak do’akan semoga kelak cinta kalian dipersatukan.Eitz tapi ingat PACARAN tetap dilarang,udah dulu ya sayang……
Kakak juga minta no hapenya ya dek…..
I miss u adeqqu sayang………….,,



Indah sekali sebuah ukhuwah itu,aku rindu dengan Pondok yang damai itu,rindu sholat berjama’ah bersama teman-teman berebut syaf paling depan.Rindu acara pidato bersama.minggu-minggu berbahasa wajib dan makan bersama………….
Hmmmmmmmmmm…….aku merindukan kalian semua sahabat ku!
Yani Sestria

0 komentar:

Poskan Komentar

Conter Flag

free counters